Kamis, 05 Desember 2013

Pengujian Isolasi Faktor daya dari trafo daya



Pengujian Isolasi Faktor daya dari trafo daya
Terjemahan, dan Ringkasan dari
Oleh W. Iwanusiw, consultan
Eltel Industries, Bangalore, India



Faktor Daya, Faktor Disipasi, Tan Delta
Factor daya pada rangkaian di definisikasn sebagai perbandingan dari daya terhadap volt amper (W/VA). Factor daya juga didefinisikan sebagai cos dari sudut diantara tegangan dan arus di dalam sebuah rangkaian, dengan sudut yang tipical dengan theta. Sudut ini sangat mendekati 900 dari rangkaian kapasitif.
Factor disipasi adalah perbandingan dari daya terhadap volt amper reaktif (W/VA) dalam rangkain. Factor disipasi  sama dengan tan delta dimana delta adalah sudut dari 900 – theta. Untuk isolari rangkaian dimana theta adala besar dari 850 faktor daya dan disipasi faktor adala angka yang sama.


Grounded Speciment Test (GST)
Grounded Speciment Test mengacu pada pengukuran sebuah sampel isolasi yang memiliki terminal grounding. Untuk melakukan test GST pengukuran rangkaian dengan menggunakan alat ukur  harus diground untuk membuat alat ukur tepat. Kebanyakan bagian-bagian peralatan sistem tenaga listrik diground. GST harus digunakan jika peralatan yang akan di test dalam kondisi terpasang. GST sangat penting dan sering digunakan untuk test. Test peralatan terbaru juga menawarkan GST. Koneksi ini mengizinkan satu untuk pengukuran satu komponen dari banyak komponen ground, sistem isolasi.
Ungrounded Speciment Test (UST)
UST adalah tes sampel isolasi yang tidak digroun. Konfigurasi test ini otomatis disediakan sebuah pengaman koneksi yang dapat digunakan efektif untuk mengukur hanya satu komponen diluar banyak sistem komponen isolasi. UST banyak keuntungan untuk keamanan koneksi juga grounding. Cara sesuatu yang digrounding dalam alat ukur UST  adalah otomatis diluar dari alat ukur.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar